WUJUDKAN PEMILU SEHAT JELANG PILKADA 2024 MELALUI PENYULUHAN BERSAMA WARGA DESA PENUNDAN

  • Jul 22, 2024
  • TIM KKN UNDIP
  • KEGIATAN

Penundan (20/07/24) - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Fakultas Hukum Efrain Lundu Sihombing menjadi pembicara dalam sosialisasi pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan serentak tahun 2024 di Desa Penundan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang dengan tema “Mari Wujudkan Pemilu Sehat”. Kegiatan berlangsung di Balai Desa Penundan dan dihadiri oleh masyarakat desa serta perangkat desa. 

Sosialisasi ini sangat penting dilakukan, karena melihat dari pemilihan umum sebelumnya banyak pemilih yang masih kurang teredukasi untuk memilih pemimpin sesuai dengan asas Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil). Melalui penyuluhan ini adapun poin yang disampaikan kepada audiens untuk selalu berwaspada, seperti politik uang atau istilah yang kerap dikenal dengan serangan fajar, penghadangan atau pemaksaan dalam memilih, pejabat tidak netral, dan pemalsuan dokumen pemilihan. 

“Jika terdapat kecurangan segera laporkan pelanggaran tersebut ke bawaslu setempat melalui email ataupun whatsapp yang tertera pada brosur” tegas Efrain selaku pembicara dalam penyuluhan tersebut. 

Akhir acara penyuluhan tersebut diterima baik oleh masyarakat desa dan ditutup dengan penyerahan simbolis dari TIM KKN UNDIP bersama Kepala Desa Achmad Yusuf.