SUKSES JALANKAN PROGRAM “GEMAR IKAN” KEPADA MASYARAKAT DESA PENUNDAN OLEH MAHASISWA PERIKANAN KKN UNDIP TIM II

  • Jul 21, 2024
  • TIM KKN UNDIP
  • KEGIATAN

Penundan - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi “Gemar Ikan dan Cara Pemilihan Ikan yang Layak Konsumsi” kepada para orangtua yang memiliki bayi dan anak kecil. Desa Penundan yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang merupakan desa yang cukup dekat dengan laut tepatnya dekat dengan jalan raya pantai utara (pantura). Oleh karena itu, cukup mudah masyarakat Desa Penundan memiliki akses untuk mengonsumsi ikan. 

Program Gemar Ikan atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan ajakan kepada masyarakat untuk mulai mengonsumsi ikan yang berfungsi sebagai kebutuhan nutrisi pada pertumbuhan anak. Materi yang disampaikan membahas mengenai pentingnya mengonsumsi ikan segar. Ikan segar memiliki ciri fisik yang sehat, seperti yang dicontohkan pada ikan kembung memiliki mata cembung, tubuh mengkilap dan beraroma segar, sisik menempel pada kulit, insang berwarna berwarna merah jernih, daging padat dan elastis bila ditekan. “Ikan kembung memiliki gizi lebih tinggi dari ikan salmon, karena kandungan omega 3 pada ikan kembung sebesar 2,6 gram sedangkan pada ikan salmon hanya 1,4 gram” ungkap Riziqiya Puteri Rasikawati  Mahasiswi Program Studi Perikanan Tangkap saat memaparkan materi. 

Materi yang disampaikan mahasiswa KKN UNDIP mendapat respon positif dari para hadirin. Adapun harapan besar kepada masyarakat Desa Penundan bahwa melalui kegiatan sosialisasi Gemar Ikan dapat meningkatkan kesadaran untuk memulai mengonsumsi ikan dan memilah ikan segar yang layak konsumsi, khususnya bagi anak-anak untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang.