Desa Penundan Mendapat Penghargaan Sebagai Desa Terbaik Menuju Informatif Tahun 2021

Bupati Batang menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Penundan

PENUNDAN – Bupati Batang, Dr. H. Wihaji, S.Pd, M.Pd (kiri) memberikan piagam penghargaan dan plakat kepada Kepala Desa Penundan (Kanan) di Aula Kantor Bupati Batang. Desa Penundan mendapatkan predikat Desa terbaik dalam kategori keterbukaan informasi publik sebagai Desa menuju informatif dalam ajang kompetisi yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten batang pada tanggal 9 November 2021.

Dalam pelaksanaan keterbukaan publik tersebut untuk peringkat pertama diraih oleh Desa Penundan Kecamatan banyuputih dengan nilai 68,17, peringkat kedua Desa Wonotunggal Kecamatan Wonotunggal dengan nilai 61,10, dan peringkat ketiga diraih oleh Desa Tegal Saridengan nilai 60,33. Ketiganya menjadi Desa menuju informatif dari sepuluh finalis lainnya.

Bupati Batang dalam sambutannya menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik menjadi syarat wajib dalam pelaksanaan kebijakan publik. Pemerintah, dalam hal ini pemerintah Desa maupun tingkat di atasnya harus mampu menyajikan kebijakan-kebijakan serta program pemerintah kepada publik dengan baik. ”Saya ucapkan selamat kepada Desa Penundan dan Desa-desa lainnya yang sudah berusaha semaksimal mungkin dalam hal keterbukaan publik.” ujarnya.

Achmad Yusuf, S.Pd.I selaku Kepala Desa Penundan saat diwawancarai menyampaikan bahwa Keterbukaan informasi publik itu harga mati. Di era digitalisasi dan serba terbuka saat ini semua Desa harus mampu berinovasi dalam hal keterbukaan publik. apalagi hal itu sudah diamanahkan dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi badan publik. sehingga tidak ada lagi alasan menjadi pemerintahan yang inklusif. ”Ya kecuali memang hal-hal yang tidak bisa dipublish secara langsung menyangkut hal-hal privasi individu maupun dokumen-dokumen yang dikecualikan, ada itu aturannya, memang tidak bisa dipublish langsung” imbuhnya.

penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 29 November 2010 saat pelaksnaan HUT KORPRI Ke-50 Tahun di Aula Bupati Kabupaten Batang dengan dihadiri seluruh Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Batang, serta tamu undangan.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan