Perangkat Desa Penundan Mengikuti Bimtek dan Studi Banding BUMDes Di Semarang

PENUNDAN – Pemerintah Desa Penundan pada hari ini (Selasa,25/6/2019) mengikuti Kunker Bimtek dan Studi Banding di Kabupaten Semarang. kegiatan tersebut dilasanakan selama tiga hari sejak hari Selasa sampai dengan hari Kamis siang. Bimtek dengan tema Peningkatan Kapasitas Apratur Pemerintah Desa dan Studi Banding BUMDes di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yang diikuti oleh sebelas Desa Se-Kecamatan Banyuputih dengan masing-masing berjumlah empat peserta.

Hari pertama yang dilaksanakan adalah dengan berkunjung ke Desa Lerep yang terletak di Lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang. Peserta Kunjungan Kerja tersebut tiba di aula balai desa dengan disambut para perangkat Desa setempat dengan hangat. setelah menerima informasi seputar Desa Lerep dan paparan Informasi tentang BUMDES oleh Direktur BUMDES, kemudian peserta kunker diajak menuju lokasi embung Desa dan beberapa lokasi unit usaha BUMDES lainnya. Kepala Desa Lerep dalam sambutannya menyampaikan bahwa BUMDES ini terbentuk sejak dua tahun yang lalu, yang menjadi bagian dari komitmen pemerintah Desa Lerep beserta LMD setempat. Tak lupa dukungan dari masyarakat yang sangat tinggi sehingga perjalanan kami dalam menyusun dan merintis BUMDES ini diberi banyak kemudahan, ujarnya.

”saat ini BUMDES Desa Lerep telah memiliki tujuh unit usaha yang semuanya dibangun sesuai dengan kebutusahn basis masyarakat, seperti catering, sewa panggung tratak, loket pembayaran pajak, PPOB, Listrik dan sebagainya, tak terkecuali pengelolaan limbah dan sampah yang semuanya dikerjakan oelh putra-putri desa untuk peningkatan ekonomi mereka, ujar Direktur BUMDES.

Camat banyuputih, Bapak Tri Janto, S.Sos, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan untuk Kepala Desa serta perangkat Desa dilingkungan Kecamatan Banyuputih agar perangkat Desa mampu berinovasi di Desa masing-masing serta setidaknya mampu mendapatkan gambaran untuk membangun BUMDES di masing-masing Desa, mengingat di Banyuputih belum semuanya memiliki BUMDES.

acara tersebut diikuti lima puluh lima peserta yang terdiri dari unsur Kecamatan, unsur kepala desa, perangkat Desa dan pendamping Desa.

Kontributor : Achmad Yusuf, S. Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan