Panitia BPD Desa Penundan Melaksanakan Rapat Bersama RT se-Desa Untuk Menjaring Anggota BPD Baru

PENUNDAN – Setelah terlaksanaknya pemilihan panitia BPD 2019 Desa Penundan pada satu minggu yang lalu, hari ini, Minggu, 12 Mei 2019 panitia pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Penundan melaksanakan rapat bersama ketua dan wakil Ketua RT se-Desa Penundan.

pelaksanaan rapat ini dihadiri seluruh ketua RT yang berjumlah ada 7 RT dari dua pedukuhan yang ada di Desa. Di dalam rapat tersebut membahan mekanisme pemilihan calon anggota BPD yang baru serta beberapa peraturan yang tertuang dalam permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Di dalam sambutannya, Nashirudin, SH selaku ketua panitia mengatakan bahwa ini momentum terbaik untuk msyarakat Penundan khsusnya untuk wilayah RT yang akan segera melakukan pemilihan wakilnya melalui mekanisme demokrasi. ”Silahkan dipilih, mau anggota baru atau pun yang lama bisa semua, toh yang lama juga baru dua periode jadi masih bisa di pilih kembali;;, tambahnya.

Kepala Desa Penundan, Suwignyo ditempat yang sama juga mengatakan bahwa proses pemiliha BPD ini scudle nya sama dengan periode sebelumnya, jadi setiap pergantian pemilihan kepala desa maka BPD pun demikian, ujarnya.

Jumlah penduduk Desa Penundan per tahun 2019 bulan April ini sejumlah 2627 Jiwa, maka jumah ideal untuk anggota BPD Desa Penundan adalah tujuh anggota sesuai dengan regulasi yang ada. Achmad Yusuf, S.Pd.I, selaku skeretaris Desa di dalam kemsempatan yang sama mengatakan, bahwa kita tunduk pada undang-undang dan regulasi Permendagri 110 Tahun 2016 terkait mekanisme dan syarat-syaratnya. Semisal ijazah, peraturan sekarang harus minimal ijazah SLTP, maka kita harus sesuai pertauran tersebut dan tidak boleh ditawar. Karena ini terkait dengan SDM dan sebagainya. rencananya, sesuai jadwal yang teralh ditetapkan bahwa akhir Mei ini sudah terbentuk Anggota BPD yang baru dan nantinya bisa segera bekerja untuk suksesi pelaksanaan Pilkades yang telah masuk jadwal tahapan-tahapan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan