Program Pemeta’an Batas Wilayah Desa Oleh BPS Batang

PENUNDAN – Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Batang tengah melaksanakan pemeta’an wilayah di seluruh Desa di kabupaten Batang. Focus garapannya adalah pemeta’an batas antar RT yang ada di desa. Pada hari ini, Sabtu, 4 Mei 2019 pemeta’an dilaksanakan diwilayah Desa Penundan Kecamatan Banyuputih didampingi oleh satu petugas BPS Desa yakni Irana Widiastutik, S,IP bersama dengan Sekretaris Desa.

Menurut petugas BPS dari Batang, proses pelaksanaan pemeta’an wilayah ini adlah untuk modal pelaksanaan program statistic kependudukan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. ‘’Kami focus untuk pemetaan wilayah dulu, setelah itu tahun depan kita masuk ke kependudukan’’, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Achmad Yusuf, S,Pd.I mengatakan bahwa pendataan peta wilayah serta kependudukan ini sangat penting sekali bagi pemerintah desa, dan momentum ini tidak akan kami lewatkan karena data yang telah matang nantinya juga bias kami jadikan acuan arsip dan dokumen Desa terkait dengan batas wilayah antar RT. ‘’Selama ini kan kita hanya bisa lewat aplikasi Google Earth biasa, kalau ini kan sudah muncul langsung batsa antar RT dan sebagainya, jadi penting bagi kami terkait program ini’’, imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa Desa Penundan memiliki tujuh RT dan dua RW serta satu pedukuhan. Adapun batas wilayah Desa dikelilingi hutan perhutani untuk kanan dan kirinya, serta berbatasan langsung dengan jalan Nasional / pantura untuk sebelah selatannya. Penundan memiliki jumlah penduduk sebanyak 2627 jiwa per bulan April 2019.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan